Prodi PIAUD Gelar Seleksi Duta PIAUD INSTIKA dan Duta Ramah Anak

TARBIYAH Jumat, 24 Februari 2023 16:18 WIB
767x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar seleksi Duta PIAUD dan Duta Ramah Anak INSTIKA.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu hingga Kamis (22-23/02/2023) ini diikuti oleh mahasiswa PIAUD INSTIKA semester IV dan VI. Acara digelar di ruang Lab. PIAUD INSTIKA.

Menurur Kaprodi PIAUD, Mohammad Afnan, M.Pd.I., kegiatan itu menjadi ajang kompetisi mahasiswa untuk menunjukkan performance dan talent sesuai kompetensi dan distingsi prodi PIAUD.

" Seleksi ini juga untuk memilih mahasiswa terbaik yang bisa menjadi Duta PIAUD untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan Visi-Misi, Outcome Learning, dan Distingsi Prodi PIAUD, yaitu Pendidikan Ramah Anak (Children Friendly Education)  kepada mahasiswa dan kepada masyarakat umum," katanya.

Kegiatan pemilihan duta  ini merupakan salah satu program kerja prodi PIAUD tahun 2023. Ada 2 kategori yang dapat diikuti oleh mahasiswa, yaitu kategori Duta PIAUD dan kategori Duta Ramah Anak. Adapun Tahapan pemilihan duta ini dilaksanakan sejak tanggal 01 - 28 Februari 2023, meliputi tahapan sosialisasi, pendaftaran, seleksi administrasi, pengumuman seleksi administrasi, voting online, tes seleksi Duta PIAUD, tes seleksi Duta Ramah Anak, pengumuman nominee, dan grand final & Anugerah Duta PIAUD dan Duta Ramah Anak.

Standar Penilaian Duta PIAUD, meliputi: (1) Penguasaan Visi dan Misi PIAUD INSTIKA, (2) Penguasaan 6 Aspek Perkembangan AUD, (3) Penguasaan Bahasa Asing, (4) Performance, (5) Public Speaking, (6) Talent.

Sedangkan standar Penilaian Duta Ramah Anak meliputi: (1) Penguasaan Advokasi dan Perlindungan Anak. (2) Penguasaan Pendidikan Inklusi. (3) Penguasaan Pendidikan Ramah Anak. (4) Performance. (5) Public Speaking. (6) Talent. (7) Penguasaan Bahasa Asing.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)