KOMPETENSI PRODI

TARBIYAH Rabu, 31 Juli 2019 10:40 WIB
1450x ditampilkan

 

  1. Kompetensi Kepribadian
  1. Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai ahl al-sunnah wa al-jama’ah.
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang taqwa, wara’, berkhidmah, ikhlas, berakhlaq karimah, dan berwibawa.
  3. Menunjukkan etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab, rasa percaya diri, dan mencintai profesinya sebagai tenaga pendidik.
  4. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

  1. Kompetensi Profesional
  1. Menguasai teknik dan memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dan menulis Arab yang tepat dan benar.
  2. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  3. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
  4. Mengembangkan metode pembelajaran dan mata pelajaran yang diampu secara kreatif.
  5. Mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan dengan melakukan refleksi.
  6. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

 

  1. Kompetensi Pedagogik
  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
  3. Menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik, konsisten, dan benar.
  4. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan islami.
  5. Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk kepentingan pembelajaran.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  8. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pengembangan pembelajaran.
  9. Melakukan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

 

  1. Kompetensi Sosial
  1. Bersikap inklusif, bertindak rasional-objektif, serta tidak diskriminatif terhadap jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  3. Beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
  4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
  5. Mendo’akan anak didik untuk peningkatan kualitas pendidikannya.