KOMPETENSI PRODI
TARBIYAH1450x ditampilkan
- Kompetensi Kepribadian
- Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai ahl al-sunnah wa al-jama’ah.
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang taqwa, wara’, berkhidmah, ikhlas, berakhlaq karimah, dan berwibawa.
- Menunjukkan etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab, rasa percaya diri, dan mencintai profesinya sebagai tenaga pendidik.
- Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
- Kompetensi Profesional
- Menguasai teknik dan memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dan menulis Arab yang tepat dan benar.
- Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan metode pembelajaran dan mata pelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan dengan melakukan refleksi.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
- Kompetensi Pedagogik
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
- Menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik, konsisten, dan benar.
- Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan islami.
- Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk kepentingan pembelajaran.
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pengembangan pembelajaran.
- Melakukan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Kompetensi Sosial
- Bersikap inklusif, bertindak rasional-objektif, serta tidak diskriminatif terhadap jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
- Beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
- Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
- Mendo’akan anak didik untuk peningkatan kualitas pendidikannya.